Wednesday, April 20, 2005
Lead in wait
Indonesia, saat ini..

Sejak naiknya pemerintahan ini, secara berturut-turut dilangsungkan sejumlah konfrensi internasional. Tak peduli beratnya hempasan tsunami dan rangkaian serangan banjir, negeri ini terus memimpin. Secara mengejutkan, dunia makin bersatu.

Keberadaan bangsa indonesia semakin diperhitungkan sejak naiknya kepeminpinan pilihan rakyat ini. Dengan pemilu yang berjalan sangat damai dan baik. Seolah impian besar tengah meretas wujudnya.

Bukan hanya luasnya wilayah yang dimiliki indonesia yang membuatnya menjadi negara besar. Ketangguhan dalam memperjuangkan isu-isu bilateral, dengan kebijaksanaan khas yang membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi beberapa negara, seperti vietnam, iran, dan sejumlah negara lain pada era 80-an.

Rangkaian sejarah itu membentuk kekuatan bangsa kita. Indonesia terkenal karena kebijaksanaan individunya, yang menjalankan peran-peran dalam diam, jauh dari popularitas. Berbeda dengan negara berukuran besar lain, indonesia tidak mengedepankan industri massal. Indonesia juga bukan penguasa kapitalisme informasi dan hiburan. Juga bukan pemimpin dalam pengembangan teknologi.

Kini, titik penting perjuangan sejarah tengah ditentukan. Kota tempat bersatunya tiga agama besar dunia tengah dalam kericuhan. Palestina.

Kembali peran Indonesia ditunggu. Indonesia cenderung bebas dari pengaruh Amerika, karena bukan termasuk negara bekas jajahannya. Indonesia juga telah terbukti handal dalam memimpin sejumlah kesatuan negara multilateral. Asia Afrika, OPEC, ASEAN adalah contoh dimana Indonesia mengambil peran penting. Dan memimpin. Bahkan kesepakatan globalisasi dunia dalam konfrensi APEC juga disepakati di negeri kita, dengan posisi tawar yang besar, hingga bila Indonesia tidak menyetujui, proses globalisasi tidak lolos.

Tsunami dan rentetan gempa, terbukti makin menempa bangsa besar ini hingga makin matang dan tangguh. Kini, di tengah dunia yang menunggu terbentuknya simpul sejarah baru, kiprah Indonesia di tunggu.


dari penghuni kecil di dunia yang hampir invalid,
saat Al Aqsha hampir di musnahkan..

pagi, 20 April 2005
posted by Gina Al ilmi Santoso @ 1:35 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
<
about me
My Photo
Name:
Location: Bogor, Jawa Barat, Indonesia

simplifying analytics, lesser worries

Udah Lewat
Archives
Links
My Other Blog
Template By
Free Blogger Templates
© negeri hijau biru